Translate Language

Amanat Bloger

-> Selamat Datang Kami Ucapkan Bagi Para Pengunjung yg Telah Masuk Keblog Ini
-> Marilah Kita Tingkatkan Silaturahim Diantara Kita & Saling Berbagi Ilmu Untuk Kebaikan
-> Terima Kasih Atas Kunjunganya Semoga Bisa Mengambil Manfaatnya Bagi Kita Semua

Senin, 24 Maret 2014

Biografi WR Supratman ( Pencipta Lagu Indonesia Raya )


Biografi pahlawan nasional W.R Supratman (1903-1938)

Tingginya jiwa dari wage rudolf supratman menuntut dirinya membuahkan karya bernilai tinggi yang kemudian hari telah menjadi pembangkit semangat perjuangan pergerakan nasional. kehendak untuk merdeka dalam jiwanya dituangkan dalam lagu gubahannya, yaitu Indonesia Raya.       

Supratman tepatnya lahir di jatinegara, jakarta tanggal 9 maret 1903. Menamatkan sekolah dasarnya di jakarta. kemudian melanjutkan ke normaal school di ujung pandang. dan sempat bekerja sebagai guru sekolah dasar. kemudian ke sebuah perusahaan dagang kemudian pindah ke bandung, menekuni profesi sebagai seorang wartawan dan akhirnya mudik ke kota kelahirannnya yaitu jakarta.

Ia sebenarnya merupakan putra dari seorang tentara hindia belanda (KNIL), tapi tidak dengan begitu ia menjadi antek belanda yang tidak mempunyai jiwa kebangsaan indonesia, malah sebaliknya jiwa kebangsaannya semakin mengental, tertutama setelah banyak bertemu tokoh - tokoh pergerakan nasional, sejak ia berprofesi wartawan.

kilas balik dari lahirnya lagu indonesia raya sendiri adalah berawal dari ketika suatu kali terbacanya sebuah karangan dalam majalah timbul. penulis karangan tersebut menentang ahli - ahli musik indonesia untuk menciptakan lagu kebangsaan jiwa supratman merasa tertantang.Sejak itu, ia mulai mengubah lagu. dan pada tahun 1924 lahirlah lagu kebangsaan indonesia raya.

 

ketika kongres pemuda, yakni kongres yang melahirkan sumpah pemuda dilangsungkan di jakarta bulan oktober 1928, disitulah saat pertama lagu ciptaan supratman diperdengarkan secara umum pada malam tersebut. lagu yang sangat menggugah jiwa patriotisme. sehingga sejak saat ini apabila partai - partai politik mengadakan kongres. lagu indonesia raya itu selalu dinyanyikan.

penolakan jiwanya terhadap penjajahan, pernah juga dituliskan dalam bukunya yang berjudul "PERAWAN DESA". namun sayang, pahlawan nasional ini sudah meninggal pada tanggal 17 agustus 1938, sebelum mendengarkan lagu gubahannya dikumandangkan pada hari kemerdekaan negeri yang dicintainya pada tanggal 17 agustus 1945.

 

wage Rudolf supratman dimakamkan di surabaya dan dikukuhkan menjadi pahlawan nasional atas segala jasa - jasanya untuk nusa dan bangsa yang tercinta ini.

Tidak ada komentar: