Translate Language

Amanat Bloger

-> Selamat Datang Kami Ucapkan Bagi Para Pengunjung yg Telah Masuk Keblog Ini
-> Marilah Kita Tingkatkan Silaturahim Diantara Kita & Saling Berbagi Ilmu Untuk Kebaikan
-> Terima Kasih Atas Kunjunganya Semoga Bisa Mengambil Manfaatnya Bagi Kita Semua

Jumat, 07 November 2014

4 Dari 12 Gelar Pahlawan Tahun 2014


Dari 19 nama yang diusulkan, 12 nama tokoh di antaranya sudah lolos persyaratan administrasi mendapat gelar Pahlawan Nasional 2014.

Dirjen Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kementerian Sosial Hartono Laras mengatakan, 12 usulan nama yang masuk dari berbagai daerah tersebut sudah dibahas oleh tim.

"Ada empat atau lima nama tokoh yang tahun lalu diusulkan mendapat gelar pahlawan tahun ini diusulkan kembali," katanya di Jakarta, Kamis (21/8) seperti dilansir dari Antaranews.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan memberikan gelar pahlawan kepada empat orang yang dianggap telah berjasa bagi Indonesia. Penganugerahan gelar tersebut akan dilakukan di Istana Negara, pada Jumat (7/11/2014).

Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa mengatakan, empat orang tersebut adalah Letjen TNI (Purn) Djamin Ginting, Sukarni Kartodiwirjo, Mayjen HR Mohammad Mangundiprojo dan KH Abdul Wahab Hasbullah.

"Keempat nama tersebut sudah disetujui di rapat pleno dewan gelar pahlawan nasional," jelasnya pada Jumat (7/11/2014).

Sebelumnya, Mensos juga memberikan bantuan berupa bahan kebutuhan pokok sebesar Rp55 juta kepada ratusan veteran yang tinggal di Wisma Seroja, Bekasi Utara. Sebanyak 223 veteran Seroja nantinya akan mendapatkan bantuan bahan pokok dari Direktorat Kepahlawanan, Keperintisan dan Kesetiakawanan Sosial (K2KS) Kemensos.

Operasi Seroja sendiri merupakan operasi militer dari pemerintah untuk menginvasi Timor Timur (yang sekarang disebut Timor Leste) pada 1975. Pasukan militer Indonesia menyerbu Timor Timur karena desakan Amerika Serikat dan Australia untuk segera menyingkirkan Fretilin yang berpaham komunis.
 

Pahlawan nasional adalah gelar yang diberikan kepada warga negara Indonesia atau seseorang yang berjuang melawan penjajahan atau yang semasa hidupnya melakukan tindakan kepahlawanan atau prestasi dan karya yang luar biasa bagi pembangunan bangsa dan negara.

Penganugerahan gelar pahlawan nasional akan diberikan Presiden menjelang Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November.

Penganugerahan gelar Pahlawan Nasional tersebut harus melewati berbagai proses seleksi yang ketat mulai dari seleksi administrasi sampai pembahasan di Dewan Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan. Sebelumnya usulan dari pemerintah daerah diseleksi oleh Kementerian Sosial melalui Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) yaitu untuk seleksi administrasi.

Saat ini terdata sebanyak 159 pahlawan nasional, yang terbaru adalah tiga tokoh yang dianugerahi gelar pada peringatan Hari Pahlawan 2013 yaitu KRT Radjiman Wedyodiningrat dari Yogyakarta, LN Palar dari Sulawesi Utara dan TB Simatupang dari Sumatera Utara.

Tidak ada komentar: